Software Animasi yang Cocok untuk Kamu Para Digital Artist

Software Animasi yang Cocok untuk Kamu Para Digital Artist

Software Animasi yang Cocok untuk Kamu Para Digital Artist

Software Animasi yang Cocok untuk Kamu Para Digital Artist – Pernahkan terbesit di pikiranmu bagaimana proses pembuatan animasi pada film-film yang biasanya kita nikmati di layar kaca? Selain berbekal pengalaman dan skill yang mumpuni, para animator di balik film animasi keren juga berbekal aplikasi untuk membuat animasi dengan standar profesional yang layak untuk ditayangkan di layar kaca.

Software animasi adalah bagian penting dari proses untuk seniman digital, pengembang game, atau perancang karakter. Tidak ada yang lebih keren daripada melihat gambarmu bisa bergerak dan di animasikan.

Baik itu animasi sederhana atau kartun panjang lebar, menambahkan gerakan pada ilustrasi memberi dimensi baru dan menarik. Dari semua software animasi yang ada, software animasi club388 ini patut kamu coba jika ingin mendalami seluk-beluk dunia animasi.

1. OpenToonz 

OpenToonz adalah software animasi yang di gunakan untuk membuat Spirited Away dan Howl’s Moving Castle. Ghibli mulai menggunakan Toonz selama produksi Princess Mononoke, dan pada tahun 2016 software animasi ini akhirnya di buat open-source dan berganti nama menjadi OpenToonz (masih ada versi komersial – Toonz Premium – tersedia, jika kamu ingin membayar). OpenToonz memiliki semua fitur yang mungkin kamu butuhkan, dari alat menggambar hingga efek, scriptingtweening dan banyak lagi, dan fitur baru di tambahkan secara teratur.

2. Piskel 

Piskel adalah software online untuk membuat animasi dan seni piksel. Mudah di gunakan dan tidak perlu mendaftar. Dengan Piskel, kamu bisa mendapatkan pratinjau langsung saat sedang membuat gambar. Kamu juga memiliki opsi untuk mengimpor PNG, JPG, BMP dan GIF animasi. Atau kamu dapat mengimpor file .piskel, format untuk Piskel. Kamu juga bisa ekspor GIF animasi, PNG, atau zip dengan setiap frame yang di berikan sebagai PNG.

3. Aseprite 

Software animasi hebat lainnya adalah Aseprite. Aplikasi ini memiliki semua yang kamu butuhkan, termasuk layeronion skinsplayback modesalpha channel control, shading modes dan custom brushes. Seperti Piskel, kamu dapat mengimpor dan mengekspor berbagai format, seperti PNG, spritesheets dan GIF animasi.

4. Spine 

Spine memungkinkan kamu untuk menghidupkan karya seni yang sudah ada. Tidak ada peralatan ilustrasi yang di sertakan dalam Spine. Namun, karena ini adalah alat animasi yang hebat, Spine patut untuk di perhitungkan.

Spine memberimu semua fitur yang di perlukan untuk menghidupkan karakter, termasuk Free-Form Deformation (FFD) tool. Dengan FFD, kamu dapat mengubah mesh vertices dan memformat ulang gambar.

5. Synfig Studio 

Tools menggambar dan animasi animasi 2D open source yang lintas platform lainnya adalah Synfig Studio. Meskipun lebih rumit daripada kebanyakan aplikasi grafis lainnya, Synfig memberimu kendali penuh atas setiap aspek animasi dan memberimu fitur yang sudah di kenal seperti kuas, isi, penutup, lapisan dan banyak lagi.

Kata siapa belajar animasi itu sulit? Jika memang punya niat yang kuat, pasti semua akan terlaksana.

Comments are closed.