Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru – Sejarah adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah.

Ini adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini. Istilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, tetapi sering kali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia.

Sejarah sering dikategorikan sebagai topik paling membosankan, tetapi tidak jika kita mampu mencari cara download idn poker mempelajarinya. Salah satunya lewat tulisan naratif yang disarikan dari kesaksian penyintas atau bisa dari penggalan kejadian nyata yang dibuatkan tokoh fiksinya.

1. You Never Forget Your First

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

George Washington dikenal sebagai founding father Amerika Serikat. Nama dan wajahnya jadi ikon penting di negara itu sampai sekarang. Namun, ia sama seperti manusia biasa punya banyak ketidaksempurnaan. Buku biografi ini mencoba mengulik hidup Washington dari lahir hingga puncak kariernya sebagai politisi di AS.

Jauh dari buku-buku biografi yang penuh dengan pujian dan sanjungan untuk subjek yang ditulis, penulis menyelipkan guyonan dan sarkasme di sini. Terdengar tak akademis, tapi sudah dipastikan semua yang tertulis sesuai dengan fakta yang ada, kok. Jadi bukan parodi, tetapi memang sengaja di kemas seringan mungkin. Cocok jadi menu pembuka sebelum kamu mengulik lebih dalam sejarah Amerika Serikat.

2. The Four Winds

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Sering di anaktirikan, novel fiksi sebenarnya punya manfaat yang sebanding dengan buku non-fiksi lho. Penulis novel fiksi apalagi fiksi sejarah bahkan dengan niat mengulik satu kejadian atau tempat untuk menciptakan setting yang serealistis mungkin. Sama dengan Kristin Hannah yang langganan menulis novel historical fiction. 

Tahun ini ia merilis novel yang berlatarkan era The Dust Bowl, salah satu malapetaka yang terjadi selama rentetan The Great Depression. Era tersebut di tandai dengan kekeringan panjang yang mematikan usaha para petani dan peternak di tahun 1930an. Elsa, satu dari banyak perempuan di masa itu yang harus memilih bertahan di lahan mereka atau pindah ke California untuk mengadu nasib.

3. Concrete Rose 

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Jika kamu mengikuti gerakan BLM yang mencapai puncaknya di tahun 2020, tentu tak asing dengan tulisan Angie Thomas. Tiga tahun sebelum BLM meledak, Angie sudah merilis novel debutnya, The Hate U Give yang menjadi ikon dalam gerakan kesetaraan hak untuk warga kulit hitam di Amerika Serikat.

Tahun ini, ia merilis novel prekuel The Hate U Give yang di beri judul Concrete Rose. Karakter protagonisnya tak lain adalah ayah Starr, Maverick yang di tahun 90an masih berusia muda dan punya pengalaman sendiri tentang diskriminasi ras.

4. The Paris Library

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Masih banyak sisi unik dari Perang Dunia II yang tampaknya menarik untuk di ulik. Salah satunya The Paris Library. Novel ini tentang seorang perempuan muda di tahun 1939 yang bekerja di sebuah perpustakaan di Paris. Saat perang pecah, ia memilih menjadi bagian dari Resistance untuk membantu Prancis melawan Nazi. Kisahnya di ulik saat ia sudah berusia senja oleh salah seorang tetangganya di tahun 1980an.

Tokoh-tokoh dalam buku ini memang fiksi, tetapi latar dan beberapa kejadian sejarahnya nyata. Sama seperti novel historical fiction lainnya, penulis menyertakan beberapa catatan kaki dan referensi bacaan untuk siapapun yang tertarik mencari tahu lebih lanjut.

5. Our Darkest Night 

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Kisah berlatar Perang Dunia II lainnya berjudul Our Darkest Night. Kali ini lewat sudut pandang seorang perempuan muda Yahudi yang menyamar menjadi istri seorang petani Katolik demi menyelamatkan diri. Pindah ke pedesaan Italia, Nina akhirnya di kenal sebagai istri Nico, seorang petani sederhana. Untuk menghindari kecurigaan warga desa yang pro Nazi, mereka pun berusaha sebisa mungkin tidak menunjukkan keanehan dan kecanggungan.

6. The Children’s Blizzard 

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Melipir sebentar dari Perang Dunia II, kita di ajak kembali ke tahun 1888. Tepatnya di awal tahun di mana musim dingin parah melanda Amerika Serikat dan Kanada. Saat itu banyak anak-anak yang terjebak di sekolah bersama guru-guru mereka. Parahnya, tak ada bantuan logistik yang datang di masa itu mengingat akses komunikasi dan transportasi terputus dan terbatas.

Tak sedikit anak-anak yang jadi korban bencana tersebut. Novel ini mengangkat kisah nyata dua guru yang mencoba melakukan segala cara hingga mengadu nyawa untuk menyelamatkan anak didiknya.

7. A Thousand Ships

7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

Novel sejarah satu ini mencoba mengulik peran perempuan dalam Perang Trojan. Selama ini hanya panglima dan prajurit perang laki-laki yang di sebut-sebut dalam sejarah perseteruan bangsa Yunani dan Troya. Untuk penggemar sejarah dan mitologi Yunani, novel ini bisa jadi angin segar yang membuka cakrawala.

Belajar sejarah tidak harus melalui buku teks, novel dan buku biografi bisa jadi alternatif. Tanpa sadar saking sukanya dengan satu novel atau karakter, kamu mungkin tergiur untuk membaca kejadian nyata di balik novel atau buku di atas. Dari ketujuh rekomendasi di atas, silakan pilih yang paling menarik menurutmu.

Comments are closed.