Olahan Telur Khas Jepang

Olahan Telur Khas Jepang

Olahan Telur Khas Jepang yang Bisa Jadi Referensi Resep Masak Harian

Olahan Telur Khas Jepang – Masakan Jepang termasuk kuliner yang populer di Indonesia, bahkan sebelum makanan Korea mulai digemari di tanah air. Beberapa makanan dari negeri sakura yang disukai di Indonesia antara lain sushi, katsu, dan tempura. Memilih menu makan sehari-hari  jadi tugas yang paling membingungkan bagi anak kosan hingga ibu rumah tangga.

Mencari kumpulan resep rasanya jadi bikin malas karena melihat bahan-bahan yang gak lengkap. Ujung-ujungnya telur adalah agen idnplay penyelamat sejati ketika kelaparan sudah menyerang. Tapi meskipun cuma bermodal telur kamu bisa masak olahan nikmat yang bikin makan jadi lahap lho. Caranya dengan membuat olahan telur khas Jepang seperti di bawah ini guys!

Oyakodon

Masih bertekstur lembut dan lumer di mulut, selanjutnya ada menu bernama Oyakodon. Kali ini bukan hanya telur yang jadi bahan utama, namun ada pula bawang bombay dan potongan ayam yang melengkapinya. Oyakodon termasuk menu donburi atau sajian dengan nasi dalam mangkuk dengan lauk di atasnya seperti rice bowl. 

Cara membuatnya cukup mudah lho, kamu hanya perlu mendidihkan campuran dashi, mirin, kecap asin, bawang bombay, ayam dan telur. Setelah ayam dan telur matang dan cairan menyusut, jangan lupa beri potongan daun bawang sebelum disajikan dengan nasi hangat.

Chawanmushi

Chawanmushi biasanya memang hanya dijadikan sebagai menu pembuka, tapi jika kamu berniat untuk menyantapnya sebagai makanan utama pun boleh lho. Telur ini dikukus dengan campuran wortel, jamur dan sayuran hijau di atasnya. Teksturnya yang lembut cocok untuk dijadikan makanan balita atau kamu yang lagi malas ngunyah makanan berat.

Rolled omelet / tamagoyaki

Tamagoyaki terdiri dari lapisan lembut telur kocok yang dilipat menjadi beberapa kali adonan. Tamagoyaki sendiri menjadi menu favorit di restoran Jepang karena rasa telur dadar ini berbeda berkat tambahan krimer, nori, atau keju di bagian tengahnya. Setiap lapisan telur yang digulung pun terasa lumer di mulut karena dimasak dengan api kecil.

Omelet rice / Omurice

Membahas olahan telur dari negeri sakura gak lengkap rasanya jika melewatkan menu andalan yang satu ini, apalagi kalau bukan Omurice. Omurice atau omelet rice merupakan menu nasi goreng khas Jepang yang disajikan bersama telur dadar berbentuk semi oval yang  meleleh saat dibelah.

Nasi goreng Omurice terbuat dari campuran nasi dengan saus khasnya yang terdiri dari saus tomat, saus tiram, kecap inggris, mentega tawar, kecap manis yang dikentalkan dengan tambahan tepung terigu. Saus ini nantinya yang akan menjadi saus pelengkap disajian telur lumer yang perlu teknik khsusus itu saat membuatnya.

Tamago kake gohan

Kecintaan masyarakat Jepang terhadap telur memang tak bisa tertandingi, telur yang dikenal berbau amis pun rela mereka konsumsi dalam keadaan mentah guys. Kamu yang juga penggemar berat telur bisa mencoba menu bernama Tamago kake gohan.

Dengan campuran rumput laut, dashi dan telur mentah utuh, Tamago kake gohan bisa dibuat hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Kalau gak punya banyak waktu buat sarapan bisa nih mencoba menu yang satu ini.

Menu olahan telur tadi bisa banget dijadikan referensi menu harian biar kamu gak bosan makan telur dadar atau ceplok yang biasa. Dari kelima menu di atas mana yang bikin kamu tertarik mencobanya guys?

Comments are closed.