Komputer Kamu Kena Hack? Jangan Cemas, Ini Solusinya

Komputer Kamu Kena Hack? Jangan Cemas, Ini Solusinya

Komputer Kamu Kena Hack? Jangan Cemas, Ini Solusinya

Komputer Kamu Kena Hack? Jangan Cemas, Ini Solusinya – Ketika komputer kita kena hack, itu sudah pasti tidak menyenangkan bukan. Pasti itu membuatmu bingung karena kamu tidak tahu apa yang terjadi. Yang kamu tahu adalah kamu terkena dampak negatif dari hack tersebut.

Setelah terjadinya kasus tersebut, kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan dengan hal itu pastinya. Tenang kami mengumpulkan beberapa solusi dari pakarnya untuk mengatasi beberapa kasus hack. berikut solusinya..

1. Mendapat pesan tebusan 

Cara yang pertama apakah kamu punya back-up terbaru untuk data-datamu tersebut? Jika punya, kamu bisa mem-format ulang komputermu tersebut dan cukup menaruh kembali data-data tersebut. Jika tidak punya, maka kamu punya dua pilihan yaitu: membayar tebusan tersebut atau tidak sama sekali. Kebanyakan orang akan menceritakanmu jika percuma membayar tebusan tersebut, namun sebagian besar yang sudah melakukan hal tersebut mengatakan datanya kembali. Jadi silakan tentukan, apakah datamu cukup penting untuk ditebus atau tidak?

2. Pesan antivirus palsu 

Ketika kamu mendapat pesan ini, segera matikan komputermu. Nyalakan kembali komputermu dalam safe mode tanpa jaringan dan coba untuk meng-uninstall software terbaru yang baru kamu install tersebut. Setelah melakukan semua itu, Coba kembalikan sistemmu seperti sedia kala. Jika berhasil, nyalakan komputer dan mode reguler dan pesan tersebut akan hilang. Ikuti dengan langkah men-scan virus tersebut lewat antivirus.

3. Browser toolbar yang tidak kamu inginkan 

Simple saja. Uninstall dan buang toolbar yang tidak kamu inginkan tersebut. Kalau toolbar tersebut tidak terdaftar atau tidak mudah kamu hapus, coba lihat apakah ada opsi di browser-mu untuk mengatur ulang browser-mu seperti yang lampau-lampau. Jika tetap tidak bisa, kamu dapat mencoba langkah seperti langkah menghapus pesan antivirus palsu.

4. Pencarian internet yang diarahkan 

Ikuti instruksi yang sama untuk menghapus toolbar. Seharusnya hal ini cukup membantu untuk mengembalikan kondisi seperti sedia kala. Kamu juga bisa mengecek file C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts untuk melihat apakah masih ada konfigurasi pengarahan di sana.

5. Popups yang keluar secara acak 

Ini bisa terjadi dikarenakan adanya software yang tiba-tiba ter-install. Maka oleh itu, cara untuk menyingkirkan software atau toolbar yang ter-install sendirinya, kamu cukup perlu meng-uninstall program-program tersebut. Intinya, jika kamu ingin menghilangkan popups tersebut, maka kamu harus menghilangkan program yang membawa popups itu.

6. Temanmu mendapatkan undangan media sosial yang tak pernah kamu kirimkan 

Yang pertama bisa kamu lakukan adalah memperingatkannya kalau itu tipuan dan jangan menerima undangan tersebut. Lalu sebarkan di media sosialmu bahwa ada kejadian macam itu hingga teman-teman di circle-mu tidak terkena perangkap itu pula. Langkah selanjutnya adalah melaporkannya ke pihak media sosial untuk segera ditindaklanjuti. Jika kasus ini disebabkan media sosialmu di-hack sepenuhnya, maka kamu perlu mengganti kata sandi.

 

Comments are closed.