Ide-Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Ide-Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Ide-Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Ide-Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu – Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.

Kamu nyadar gak, sih, kalau di zaman sekarang yang serba digital ini semakin banyak milenial kreatif dan inovatif? Dari banyak segi kehidupan, mulai dari menemukan berbagai passion yang dimiliki sampai membangun bisnis sendiri.

Milenial dari kalangan SMA, SMP, bahkan SD ataupun yang sudah download idn poker mahasiswa pun mulai tertarik dengan bisnis. Tapi, gak jarang lho mereka atau bahkan kamu juga masih bingung bakal menjalankan bisnis seperti apa.

1. Alat tulis

Hai Pelajar, 5 Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Karena kamu pelajar, bisnis alat tulis cocok lho buat kamu. Coba deh cari supplier yang banyak menyediakan berbagai alat tulis, terlebih lagi yang terdapat “karakter” di dalamnya. Eits, tapi sebelumnya kamu harus survei dulu circle teman-temanmu, ya.

Kalau kamu punya circle pertemanan yang girly abis, cari alat tulis yang punya karakter lucu dan imut. Atau misalnya kamu punya circle pertemanan yang kamu rasa sudah cukup dewasa, kamu bisa cari alat tulis dengan karakter simple dan minimalis.

2. Thrifted clothes

Hai Pelajar, 5 Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Punya banyak baju dengan kualitas masih oke yang menumpuk di lemari, mungkin karena baju tersebut sudah kekecilan atau kebesaran dan berbagai alasan lainnya? Dengan demikian, menjual berbagai macam baju bekas menjadi suatu pilihan yang cukup menguntungkan.

Tanpa kita sadari, sebenarnya di luaran sana ada banyak orang yang lebih memilih untuk membeli baju bekas yang masih cukup bagus. Thrifted clothes alias baju bekas bisa kamu jual secara offline ke teman-temanmu atau online via Instagram dan berbagai platform jual-beli lainnya.

3. Hand lettering

Hai Pelajar, 5 Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Pilihan ketiga yang bisa jadi ide bisnis buat kamu para pelajar adalah hand lettering alias tulisan tangan. Hand lettering itu bisa kamu bingkai biar makin cantik dan estetik. Selain menulis berbagai ucapan dan dibingkai cantik seperti itu, kamu juga bisa menyediakan jasa penulisan materi atau catatan milik pelajar lain. Gunakan dengan baik kreativitasmu.

Ada banyak tutorial seputar hand lettering jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat kreasi hand lettering, tutorial-tutorial tersebut tersedia di berbagai platform digital seperti YouTube. Kamu juga bisa mempelajarinya melalui teman atau guru seni yang lihai dalam pembuatan hand lettering.

4. Homemade food

Hai Pelajar, 5 Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Ada banyak jenis makanan yang lagi nge-trend di zaman sekarang. Misalnya, soft baked, choco cookies, salmon mentai, rice bowl, dan sebagainya. Kamu bisa pilih salah satu dan menjadikannya sebagai bisnis makanan homemade milikmu.

Kalau kamu masih belum tahu resepnya, search saja di Google atau di berbagai platform resep yang ada, misalnya Yummy App. Tapi, jangan lupa kuota internet kamu harus mendukung ya! Dan untuk memberi ciri khas dari makanan yang kamu jual, kreasikan resep rahasia ke dalam makanan buatanmu.

5. KPop merch

Hai Pelajar, 5 Ide Ini Bisa Jadi Referensi Bisnis yang Cocok buat Kamu

Perkembangan dunia industri musik KPop di Indonesia kian meluas seiring berjalannya waktu. Saat ini kita dapat dengan mudah menemui para pencinta KPop di sekitar kita. Sebab itu, dengan target pemasaran yang semakin banyak, usaha berbagai macam merchandise yang berbau KPop memiliki peluang yang cukup besar.

Ada banyak jenis merchandise berbau KPop yang bisa kamu jual. Misalnya, photo card buatan sendiri, poster gambar idol, bahkan aksesori dan alat tulis dengan karakter KPop. Gak cuma dijual secara offline, berbagai KPop merch juga bisa kamu jual secara online.

Selain lima ide di atas, masih ada banyak ide-ide lainnya yang dapat kamu jadikan sebagai bisnis di sela-sela kewajiban sebagai seorang pelajar. Walaupun kamu memiliki bisnis, belajar tetap menjadi prioritas. Jangan sampai bisnismu mengganggu aktivitas utamamu, seperti belajar dan membantu kedua orang tua di rumah ya

Comments are closed.