Fakta Unik Dan Menarik Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Fakta Unik Dan Menarik Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Fakta unik bisa kamu temukan di mana saja bahkan pada hal yang tak kamu duga. Menelusuri fakta unik memang menarik karena tak henti membuat kita terpukau dengan segala keanehannya yang mengesankan. Faktanya masih banyak fakta-fakta unik di bumi ini yang jarang dibicarakan. Pada kesempatan kali ini Bob telah merangkum 20 fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui seperti berikut ini!

1. Meskipun Berat Bumi Bergerak Cepat

5 Cara Merasakan Bumi Berputar dan Dampak Jika Bumi Berhenti Berputar -  IlmuGeografi.com

Massa bumi mencapai 5.972.190.000.000.000.000.000.000 kg. Mesekipun sedemikian berat, faktanya bumi memiliki kecepatan 107.281 km per jam untuk mengitari matahari. Cepat sekali, bukan?

2. Fakta Unik Bumi Semakin Kurus

Studi; YouTube Biang Kerok Orang Percaya Teori Bumi Datar

Massa berat bumi didominasi debu-debu antariksa dan dapat berkurang akibat gas seperti hidrogen yang berkurang tiga kilogram setiap detiknya. Fakta unik ini menunjukkan bahwa bumi akan kehilangan 95 ribu ton massa setiap tahunnya.

3. Massa Manusia Tidak Mempengaruhi Massa Bumi

Mengulas Fakta Seputar Berat Bumi - kumparan.com

Pada 2018 populasi manusia dperkirakan mencapai 7,6 miliar orang. Meskipun bumi dipenuhi manusia, fakta unik mengungkapkan bahwa manusia tidak memengaruhi massa bumi. Hal ini dkarenakan manusia terbentuk dari atom dalam bentuk oksigen 65 persen, karbon 18,5 persen, dan hidrogen 9,5 persen.

tempat wisata kesennuma
Sumber: IDN POKER APK

4. Bumi adalah Planet Air

Fakta unik selanjutnya adalah bumi dpenuhi oleh 70 persen air sehingga kerap wajar jika bumi dsebut dengan nama planet air. Lautan bumi yang paling dalam adalah Palung Mariana dengan kedalaman 10.994 meter dbawah air. Fakta unik dbalik Palung Mariana adalah jika kamu meletakkan Gunung Everest dsana, puncak tertingginya bahkan masih berada  pada bawah permukaan laut sejauh 1,6 kilometer!

5. Manusia Hidup di Satu Persen Bagian Bumi

Pengaruh Gravitasi Bulan Terhadap Pasang Surut Air Laut

Fakta unik ini djamin bikin kamu terkaget-kaget. Faktanya bumi yang manusia tinggali hanya satu persen bagian dari keseluruhan planet bumi. Fakta unik ini menunjukkan bahwa masih banyak bagian bumi yang memiliki misteri kehidupan. Tertarik melakukan penjelajahan untuk menguak misteri sekaligus fakta unik dbagian bumi lainnya?

6. Fakta Unik Kota Catur di Rusia

Terdapat sebuah kota dRusia yang jalanannya tertata rapi dengan sebuah istana yang ddesain seperti catur yang megah. Pembuatan pemukiman tersebut ddalangi oleh presiden yang terobsesi dengan catur bernama Kirsan Ilyumzhinov.

7. Keju Mozzarella Berasal dari Kerbau

IDN POKER APK

Apakah kamu tahu fakta unik mengenai mozzarella yang dibuat dari susu kerbau dan bukan susu sapi? Sekitar 500 tahun yang lalu di Campania, Italia, mozzarella dibuat pertama kali menggunakan susu kerbau. Fakta unik dibalik penggunaan susu kerbau ini karena kandungan protein susu kerbau 10-11% lebih banyak daripada susu sapi.

8. Bali Memiliki Banyak Hari Libur

Bali memiliki fakta unik karena memliki banyak hari libur yang dsumbangkan oleh sejumlah hari raya besar keagamaan. Hampir setiap hari besar keagamaan ini setiap orang akan mendapatkan libur. Beberapa hai libur antaranya adalah hari raya galungan, kuningan, nyepi, pagerwesi, saraswati, dan sejumlah upacara besar lainnya seperti piodalan (pujawali).

negara
Photo by ekoherwantoro on Unsplash

9. Fakta Unik Perubahan Nama Ibukota Indonesia

https://batesmiller.com/

Ibukota Jakarta memiliki banyak pesona juga fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui. Sebelum dberi nama Jakarta, Ibukota Indonesia ini telah memiliki beberapa kali perubahan nama. Nama Ibukota Indonesia sesuai urutan perubahannya dantaranya adalah Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, Betawi, Jacatra, Jayakarta, dan Jakarta.

10. Satu-satunya Presiden Indonesia yang Terlahir dluar Pulau Jawa

https://batesmiller.com/

Bacharuddn Jusuf Habibie atau kita kenal dengan nama Habibie merupakan satu-satynya Presiden Indonesia yang terlahir dluar Pulau Jawa, tepatnya dParepare, Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk menjad pemimpin negeri.

Comments are closed.