Cara untuk Membantu Dapat Ide Inovasi Bisnis

Cara untuk Membantu Dapat Ide Inovasi Bisnis

Lakukan Cara Ini untuk Membantu Dapat Ide Hingga Inovasi Bisnis

Cara untuk Membantu Dapat Ide Inovasi Bisnis – Sebagai pengusaha sukses di Indonesia, kamu harus mampu bersaing dengan para pebisnis lainnya. Agar dapat memenangkan persaingan, kamu harus memahami kebutuhan konsumen, salah satunya melalui inovasi.

Dalam dunia bisnis, hadirnya sebuah inovasi adalah hal yang yang paling ditunggu di tengah pasar, yang semakin dinamis seperti saat ini. Namun tak jarang, kita sebagai pelaku usaha mengalami kendala saat brainstorming, untuk menciptakan ide yang orisinil dan inovatif.

Tidak semua orang mungkin terlahir kreatif, namun kemampuan tersebut nyatanya bisa diasah dengan latihan secara tekun dan terus mengembangkannya. Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk melatih otak berpikir kreatif dengan Apk IDN Poker cepat dan efektif? Berikut cara-caranya, dilansir batesmiller.com.

Mengenali pelanggan dengan lebih dekat 

Tak hanya mengamati lingkungan sekitar, mengenali, dan melakukan pendekatan terhadap pelanggan juga menjadi kunci, untuk menciptakan kreativitas yang solutif. Coba perhatikan keluhan dan kesulitan pelanggan untuk memberikan penawaran yang lebih baik.

Kamu juga bisa mengamati bagaimana mereka menggunakan produk kita, seperti yang dilakukan oleh Levi Strauss (yang namanya menjadi merek jeans Levi’s). Dimana Ia menemukan bahwa pelanggannya merobek celana jeans-nya untuk digunakan. Yang mana kemudian style ini menjadi tren hingga saat ini.

Dilansir dari Inc, bahwa untuk membangun sebuah inovasi, sebaiknya tempatkan pelanggan di bagian depan dan tengah dari setiap ide bisnis. Jadilah lebih aktif untuk menanyakan apa yang mereka butuhkan.

Jangan hanya menunggu mereka memberi tahu lebih dulu, karena bisa saja kompetitor lain justru mengeksekusi idenya lebih awal.

Menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru setiap hari 

Kreativitas adalah kemampuan yang bisa dikembangkan dengan latihan. Kamu bisa memupuk kreativitas, dengan mulai menantang diri sendiri untuk mencoba, mempelajari, atau menciptakan hal-hal baru setiap harinya.

Memiliki satu kemampuan yang mendalam, memang efektif untuk menyelesaikan suatu masalah. Namun dalam berpikir inovatif, kemampuan mengetahui banyak hal akan sangat membantu.

Semakin banyak kamu mengetahui, semakin banyak pula pikiran-pikiran kreatif yang dibangun.

 Inovasi yang dilakukan Harus Mengikuti Perkembangan Zaman dan Kebutuhan Konsumen

Menurut penelitian, berjalan juga bisa meningkatkan fungsi otak untuk berpikir kreatif 

Berdasarkan studi yang dilakukan Universitas Stanford, bahwa berjalan baik di luar maupun di dalam ruangan bisa meningkatkan dua kali lipat respon berpikir kreatif, dibandingkan dengan orang yang hanya duduk. Bahkan hasil ini juga bisa diperoleh meski hanya berjalan di atas treadmill, lho!

Mengamati sekitar dengan lebih cermat 

Dunia sekitar adalah inspirasi paling dekat untuk menciptakan sebuah kreativitas. Mulailah memandang lingkungan sekitar dengan lebih kritis, cermat, dan detail. Kamu bisa melakukannya dengan mengajukan beberapa pertanyaan, menggali informasi dan menemukan jawaban dari permasalahan tersebut

Pengamatan yang cermat ini, sejatinya adalah cara untuk membuka pemikiran terhadap hal-hal yang tidak kita perhatikan sebelumnya. Sehingga dapat memberi ruang bagi energi kreatif kita bekerja dan menemukan kemungkinan-kemungkinan baru yang memicu inovasi.

Banyaknya visual di sekitar kita memang terkadang menggangu dan membuat kewalahan. Cobalah untuk fokus terhadap hal-hal yang ingin kita perbaiki.

Lalu, cobalah menghubungkan titik-titik sebuah pemikiran atau proses yang mungkin terpisah untuk menciptakan solusi yang tidak konvensional.

Berpikir dengan pemikiran blue sky

Pemikiran blue sky adalah pemikiran yang bebas dan tidak terbatas oleh apapun. Caranya adalah mulailah dengan memikirkan hal yang sudah jelas tujuannya. Biarkan imajinasi kita mengalir apa adanya, hingga menghasilkan pemikiran-pemikiran baru. Setelah itu, kamu bisa menyeleksi ide tersebut, mana yang paling praktis dan mendekati tujuan.

Mengubah lingkungan dan jangan ragu untuk keluar dari zona nyaman 

Selain menantang diri untuk hal-hal baru, keluar dari zona nyaman adalah cara yang juga perlu dipertimbangkan. Meski lingkungan sebelumnya memberikan banyak inspirasi bagi pemikiran kamu. Namun, mencoba keluar ke lingkungan baru bisa lebih menghidupkan kreativitas berpikir.

Carilah sebuah lingkungan yang membantu memperluas perspektif kamu. Jangan ragu keluar dari zona nyaman untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran yang lebih brilian.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk membantu berpikir cepat menghasilkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Selamat mencoba!

Comments are closed.