2 Tips sukses meski hanya jadi pekerja lepas online

2 Tips sukses meski hanya jadi pekerja lepas online

5 Tips sukses meski hanya jadi pekerja lepas online

2 Tips sukses meski hanya jadi pekerja lepas online Berpindah status dari semula karyawan kantoran menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan fleksibilitas waktu bekerja. kerja freelance online semakin digemari saat ini seiring dukungan teknologi yang kian canggih.

IDN POKER APK

Di beberapa negara, menjadi pekerja lepas perlahan menjadi pilihan yang semakin digemari. Contohnya, sebanyak 53 juta orang Amerika Serikat memilih menjadi freelancers. Mereka kebanyakan berprofesi sebagai desainer, penulis, editor dan penerjemah.

Berdasarkan studi terbaru Freelancers Union dan Elance Desk, angka itu mencapai 34 persen dari total jumlah angkatan kerja di negeri paman sam tersebut. Sebanyak 80 persen responden mengaku berhasil mencetak penghasilan yang lebih besar walaupun kini menjalankan kerja freelance ketimbang saat mereka menjadi karyawan kantor.

Meski demikian, menjadi seorang freelancer artinya Anda tidak lagi mendapatkan gaji rutin dari pemberi kerja dan keuntungan-keuntungan lain mulai dari tunjangan biaya transport, tunjangan asuransi kesehatan sampai iuran pensiun.

Maka itu, dari sisi finansial, Anda perlu mempersiapkan dengan seksama sebelum memutuskan banting setir menjadi seorang pekerja freelance online. Berikut 5 tips agar Anda bisa sukses meski hanya menjadi freelance online, dikutip IDN POKER APK 

Ketahui kemampuan Anda

https://batesmiller.com/

Menjadi seorang freelancer berarti Anda menjajakan keterampilan dan kehalian sendiri sekaligus menciptakan pasar sendiri agar ada orang mau membeli jasa dan keahlian yang Anda tawarkan. Sebelum memutuskan terjun sebagai pekerja lepas, terlebih dulu mulailah meriset berapa harga pasaran jasa di segmen yang akan Anda geluti.

Misalnya, Anda ingin jadi penulis lepas. Terlebih dulu risetlah berapa harga jasa sebagai penulis saat ini. Jadikan itu sebagai masukan untuk menentukan berapa harga jasa yang sepadan. Anda perlu mencari titik temu berapa potensial harga jasa yang bisa dia tetapkan dan berapa nilai pengeluaran kelak.

Mengutip Nerdwallet.com, Anda perlu menyesuaikan nilai pengeluaran rutin dengan ekspektasi penghasilan. Nilai pengeluaran rutin di sini termasuk, biaya makan, listrik, air, beban cicilan dan pengeluaran lain.

Sebagai pekerja lepas, memang kamu tidak lagi memiliki tunjangan asuransi kesehatan dan tunjangan lain yang biasa diterima oleh pegawai. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan faktor-faktor kebutuhan itu untuk menentukan harga jasa.

Memang, perlu juga bagi pekerja freelance online menentukan harga jasa yang kompetitif sehingga bisa mendapatkan klien. Tapi, jangan memaksakan diri memasang harga terlalu rendah untuk itu. Pada akhirnya, seorang klien yang baik akan paham harga yang dia bayar sepadan dengan kualitas jasa yang kamu berikan

Memakai kontrak kerja

https://batesmiller.com/

Tidak sedikit pekerja lepas yang mendapatkan masalah ketika tiba saatnya gajian. Pembayaran klien terlambat, tarif tidak ada pembaharuan atau penyesuaian dengan inflasi, permintaan klien terlalu banyak hingga menguras jam kerja Anda lebih dari seharusnya tanpa hitungan lembur, dan lain sebagainya. Maka itu, di awal kesepakatan kerja, Anda perlu meneken semuanya dalam kontrak kerja yang resmi.

Keberadaan kontrak kerja juga menunjukkan bahwa Anda seorang freelancer profesional yang bekerja atas dasar profesionalisme alih-alih sekadar kontrak verbal. Paling tidak, Anda perlu memuat beberapa informasi yang utama. Yaitu lingkup kerja, ini mencakup apa saja jasa yang Anda sediakan, lalu timeline atau garis waktu proyek dan penyelesaian pekerjaan.

Comments are closed.